Pengertian Server secara luas

Pengertian Server secara luas

 

Ilustrasi
(source: pixabay)

Server??, Apa itu server, Pasti bagi mereka orang awam tidak tahu dan tidak memahami itu, Dan saya sendiri mengenal server sudah sangat lama dan manage server tsb, Sangat berhati-hati sekali untuk hal ini, banyak cerita dan kenangan dengan hal itu dan sampai sekarang, tetapi, tenang aja, saya jelaskan garis besarnya saja, Ok, Next.

Server atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut peladen merupakan komputer atau sistem yang menyediakan sumber daya, data, layanan, atau program ke komputer lain, yang dikenal sebagai klien. Komputer atau perangkat yang menyediakan fungsionalitas untuk program atau perangkat lain, Arsitektur ini disebut model client-server. Satu server dapat melayani banyak klien, dan satu klien dapat menggunakan beberapa Server. Secara teori, setiap kali komputer berbagi sumber daya dengan mesin klien, mereka dianggap sebagai server. Ada banyak jenis server, termasuk server web, server email, server virtual, dsb

Sistem individu dapat menyediakan sumber daya dan menggunakannya dari sistem lain pada waktu yang sama. Ini berarti bahwa perangkat dapat menjadi server dan klien pada saat yang bersamaan. Beberapa server pertama adalah komputer mainframe atau komputer mini. Minikomputer jauh lebih kecil dari komputer mainframe, karena itulah namanya. Namun, seiring kemajuan teknologi, akhirnya menjadi jauh lebih besar dari komputer desktop, yang membuat istilah komputer mikro. Awalnya, server semacam itu terhubung ke klien yang dikenal sebagai terminal yang tidak melakukan komputasi aktual.Komputasi sebenarnya dilakukan di server. Kemudian, server sering kali berupa komputer tunggal yang terhubung melalui jaringan ke sekumpulan komputer klien. Di mana komputer klien dan server memiliki daya komputasi, tetapi tugas-tugas tertentu didelegasikan ke server. Dalam model komputasi sebelumnya, seperti model mainframe-terminal, mainframe memang bertindak sebagai server meskipun tidak disebut dengan nama itu.

Teknologi telah berkembang, definisi server telah berkembang dengannya. Saat ini, server mungkin tidak lebih dari perangkat lunak yang berjalan pada satu atau lebih perangkat komputasi fisik. Server semacam itu sering disebut sebagai server virtual. Awalnya, server virtual digunakan untuk meningkatkan jumlah fungsi server yang dapat dilakukan oleh satu server perangkat keras. Saat ini, server virtual sering kali dijalankan oleh pihak ketiga pada perangkat keras di Internet dalam pengaturan yang disebut cloud computing.  Server juga dirancang untuk melakukan satu tugas, seperti server email, yang menerima dan menyimpan email dan kemudian memberikannya kepada klien yang meminta. Server juga dapat melakukan beberapa tugas, seperti file dan server cetak, yang menyimpan file dan menerima cetak pekerjaan dari klien dan kemudian mengirimkannya ke printer yang terhubung ke jaringan, namun sudah ada terminal print server, Hehehehe,,

Tujuan penggunaan server sebenarnya memiliki banyak jenis. Saya hanya dapat menjelaskan beberapa jenis server saja. Sebenarnya masih banyak server dengan tugas dan fungsinya.

 

Domain Name System (DNS) adalah server aplikasi yang memberikan nama ke komputer klien dengan mengubah nama yang mudah dipahami oleh manusia menjadi alamat IP yang dapat dibaca mesin. Sistem DNS adalah nama database yang tersebar luas dan server DNS lainnya, yang masing-masing dapat digunakan untuk meminta nama komputer yang tidak dikenal. Ketika klien membutuhkan alamat sistem, ia mengirimkan permintaan DNS dengan nama sumber daya yang diinginkan ke server DNS. Server DNS merespon dengan alamat IP yang diperlukan dari tabel namanya.

Web Server adalah jenis server aplikasi khusus yang menampung program dan data yang diminta oleh pengguna di Internet atau intranet. Web Server menanggapi permintaan dari browser yang berjalan di komputer klien untuk halaman web, atau layanan berbasis web lainnya. Web Server umum termasuk server web Apache, server Microsoft Internet Information Services (IIS) dan server Nginx. Sehingga pengguna dapat mengakses melalui browser dan dapat diakses melalui HTTP dengan tujuan untuk meninjau manajemen pekerjaan. Dan kalian bisa akses berupa teks, gambar, video, dan sebagainya Perangkat keras tersebut seperti printer, kamera, dan router web

Email Server adalah jenis server aplikasi yang sangat umum. Mail server menerima email yang dikirim ke pengguna dan menyimpannya sampai diminta oleh klien atas nama pengguna tersebut. Server email memungkinkan satu mesin dikonfigurasi dengan benar dan terhubung ke jaringan setiap saat. Kemudian siap untuk mengirim dan menerima pesan daripada mengharuskan setiap mesin klien memiliki subsistem emailnya sendiri secara terus menerus. Server surat masuk terdiri dari POP3 dan IMAP. POP3 (Post Office Protocol 3rd version) adalah protokol pesan elektronik yang menyimpan pesan dikirim dan diterima pada PC Local Hard Drive. Sedangkan IMAP (Internet Message Access Protocol) protokol yang selalu menyimpan salinan pesan dikirim dan diterima ke dalam Mail Server. Dan masih banyak fungsi Email server, tergantung dari penyedia layanan Email server tsb.

Database servers Jumlah data yang digunakan oleh perusahaan, pengguna, dan layanan lainnya sangat banyak. Banyak dari data itu disimpan dalam database. Basis data harus dapat diakses oleh banyak klien pada waktu tertentu dan dapat membutuhkan ruang disk yang besar. Kedua kebutuhan ini untuk menempatkan database tersebut di server. Server database menjalankan aplikasi database dan menanggapi berbagai permintaan dari klien..

File server menyimpan dan mendistribusikan file. Beberapa klien atau pengguna dapat berbagi file yang disimpan di server. Selain itu, menyimpan file secara terpusat di setiap perangkat dalam suatu organisasi. Perangkat keras file server dapat dirancang untuk memaksimalkan kecepatan baca dan tulis untuk meningkatkan kinerja. File server ini juga bayak kategorinya.

Print server memungkinkan pengelolaan pencetakan. Daripada memasang printer ke setiap client , satu server print dapat menanggapi permintaan print dari banyak klien. Saat ini, beberapa printer yang lebih besar dan lebih canggih dilengkapi dengan server print internal mereka sendiri. Server print internal ini juga berfungsi dengan menanggapi permintaan print dari klien. Ini berbeda dengan share print pada satu PC.

Virtual server hanya ada sebagaimana ditentukan dalam perangkat lunak khusus yang disebut hypervisor. Setiap hypervisor dapat menjalankan ratusan, atau bahkan ribuan, server virtual sekaligus. Hypervisor menyajikan perangkat keras virtual ke server seolah-olah itu adalah perangkat keras fisik nyata. Virtual server menggunakan perangkat keras virtual seperti biasa, dan hypervisor meneruskan kebutuhan komputasi dan penyimpanan aktual ke perangkat keras sebenarnya digunakan bersama di antara semua virtual server lainnya.

DHCP Server DHCP (Dinamic Host Configuration Protocol) Server merupakan jaringan yang menjalankan layanan penyewaan IP address dan informasi TCP/IP kepada client. layanan alamat IP secara otomatis kepada client/komputer/host pada jaringan TCP/IP yang meminta. Sehingga peran administrator tidak perlu disibukkan dengan membuat alamat IP secara manual untuk client karena IP tersebut telah diberikan oleh server.

Proxy Server bertindak sebagai perantara antara klien dan server. Digunakan untuk mengisolasi klien atau server untuk tujuan keamanan, server proxy mengambil permintaan dari klien. Server proxy menerima respons dari server kedua dan kemudian membalas ke klien asli seolah-olah membalas sendiri. Dengan cara ini, baik klien maupun server yang merespons perlu terhubung langsung satu sama lain.

Jadi fungsi server secara keseluruhan adalah sebagai layanan bagi client dan pengguna untuk firewall,menyimpan, mengolah, menerima, mengirim berbagai data melalui beberapa protokol khusus. HMmmmm,,, Banyak sekali di benak ini,,, Hehehe

 

Reactions