Apa Itu Linux? Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

Apa Itu Linux? Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan


Informasi ini sudah tidak lasim bagi mereka yang sudah mengetahui apa itu Linux, akan tetapi AkoM Sentani memaparkan garis besarnya. Oklah.

Linux (diucapkan ˈlɪnəks atau /ˈlɪnʊks/) adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya merupakan peralatan sistem dan pustakanya dan pustaka umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux

Apa itu GNU GPL atau GPL:
General Public License atau disingkat GNU atau GPL merupakan suatu lisensi perangkat lunak bebas. yang aslinya ditulis oleh Richard Stallman untuk proyek GNU, dan merupakan Free Software Foundation (FSF). Lisensi GPL memberikan penerima salinan hak perangkat lunak dari perangkat lunak bebas dan menggunakan copyleft untuk memastikan kebebasan yang sama diterapkan pada versi berikutnya dari karya tersebut.

Gnu Gpl sudah dari versi 1 sampai versi 3 yaitu:
         ·GNU GPL versi 1 Dirilis pada 25 Februari 1989
· GNU GPL versi 2 Dirilis Pada 2 Juni 1991
   ·GNU GPL versi 3 Dirilis pada 29 June 2007

Banyak orang awam yang tramenyadari kalau hand phone mereka berbasis Android alias Linux, pekembangan linux seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat, tramenyangka system operasi yang free atau bebas bisa hampir menguasai pasaran dunia teknologi. Kam bisa bayangkan, Hand phone berbasis Android, Android itu turunan dari Linux lho, hampir semua hand phone berbasis Android, tapi trasemua, hehehehe,,


Simak video di bawah ini, biar mengerti to… Hehehe



Reactions

Post a Comment

0 Comments