Cara menggunakan Hum to Search di Google

Cara menggunakan Hum to Search di Google

(source:google)
(source:google)

Google merilis fitur baru bernama "Hum to search". Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari lagu dengan cara bersenandung atau akord gitar atau sejenisnya. 


Fitur "Hum to search" mempermudah pengguna ketika ingin mencari lagu hanya dengan menyanyikan potongan lirik lagu. Fitur ini, sangat membantu apabila kalian  lupa dengan judul atau lagu yang sebelumnya telah didengarkan.


Pengguna dapat menyanyikan lirik lagu tertentu selama 10 hingga 15 detik. Setelah itu google akan menampilkan hasil penelusuran lagu yang diminta. Hasil penelusuran mencakup sejumlah informasi, seperti judul lagu, cover album, nama penyanyi, lirik lagu, serta rincian lainnya yang serupa. Fitur tersebut hampir sama dengan fitur Google Assistant, kalian hanya cukup mengatakan "Hai Google, lagu apa ini?" atau "What is this song?",


Penjelasan Google untuk fitur "Hum to search" didukung teknologi machine learning yang mampu mendeteksi nada atau alunan lagu yang dinyanyikan oleh pengguna. " Google dalam blog resminya. "Saat Anda menyenandungkan melodi di kolom pencarian, machine learning akan mengubah audio menjadi urutan berbasis angka untuk mewakili melodi lagu,", Google juga mengatakan bahwa machine learning mampu mengidentifikasi lagu berdasarkan suara nyanyian manusia, siulan, dengungan serta rekaman audio. 


Sehingga kutipan Google mengatakan “di mana pun Anda berada, apa pun yang Anda cari, bagaimana pun Anda bisa bernyanyi, mengeja, mengucapkan, atau memvisualisasikannya, Anda dapat menelusuri dengan Google”

(source:google)

Lihat ikon microphone "Telusuri itu"



Mulailah bersenandung atau bersiul lagu yang kalian coba kenali. Alat ini juga dapat mengidentifikasi musik nyata yang sedang diputar


Jika Google dapat menemukan kecocokan, hasilnya akan muncul, Tetapi  kalau hasilnya Lain,maka lagu kalian tidak ada di hasil teratas



Untuk fitur "Hum to search" bisa digunakan oleh pengguna Android dengan lebih dari 20 bahasa yang tersedia. Tetapi untuk pengguna iOS, fitur baru ini masih terbatas dan hanya mampu mendeteksi lagu dalam bahasa Inggris. 

Reactions

Post a Comment

0 Comments