Jaringan 5G akan hadir di Indonesia

Jaringan 5G akan hadir di Indonesia

(source: pixabay.com)

Layanan 5G bakal segera tersedia di Indonesia. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membenarkan layanan 5G bakal segera tersedia di Indonesia, meski layanan teknologi, telekomunikasi generasi keempat (4G) Long Term Evoluiton (LTE) baru hadir di dalam negeri beberapa tahun belakangan ini. Ppenyediaan layanan 5G merupakan keharusan meski ongkos atau biaya untuk layanan tersebut cenderung lebih tinggi.

Mengenai industri 4.0 mau tidak mau bicara soal 5G karena berbicara autonomus tidak bisa jalan kalau dengan 4G, semua autonomus bergerak dengan 5G,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dalam acara Katadata Indonesia Data and Economic Conference 2021, seperti dikutip dari laman partaigolkar.com, Rabu 24 Maret 2021.

Berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 2/2021 tentang Rencana Strategis Kemenkominfo, disebutkan bersamaan dengan upaya peningkatan cakupan layanan 4G ke seluruh desa, Kemenkominfo juga mempersiapkan implementasi teknologi seluler konektivitas generasi kelima atau 5G di Indonesia.

Kominfo belum memutuskan basis teknologi 5G yang akan dikembangkan, Pemerintah sedang mengkaji beberapa kawasan yang akan menjadi wilayah dikembangkannya prototipe tersebut. Pemerintah harus mempertimbangkan persoalan risiko geopolitik yang saat ini tengah berkembang terkait dengan pengembangan 5G.

Jaringan 5G di 13 kota hingga 2024, dengan perincian enam ibu kota provinsi di Pulau Jawa, lima Destinasi Wisata Super Prioritas, Ibu Kota Negara (IKN), dan satu Industri Manufaktur pada tahap awal implementasi 5G, 

Berbagai sumber


Reactions

Post a Comment

0 Comments