Kirim File Besar Tanpa Internet

Kirim File Besar Tanpa Internet

ilustrasi
(source:pixabay.com)

Google merilis aplikasi baru pada perangkat Android yang memungkinkan ponsel terhubung satu sama lain dalam jarak yang lebih jauh daripada jangkauan bluetooth. Google mengatakan teknologi ini mendukung "tingkat throughput yang lebih tinggi dalam jarak yang lebih jauh daripada koneksi Bluetooth" Google telah mengerjakan teknologi penemuan lokal yang dapat dimanfaatkan aplikasi untuk menemukan objek dan pengguna di sekitar. 

Pengguna ponsel Android memungkinkan untuk mengirim pesan satu dan lain ke sesama pengguna Android atau mentransfer data dalam jumlah besar tanpa koneksi internet.

Melansir Toms Guide, aplikasi baru itu dinamakan WifiNanScan. Aplikasi itu mengandalkan teknologi Neighbour Awareness Networking (NAN) untuk secara akurat mengetahui seberapa jauh jarak antara satu perangkat dengan perangkat lain.

Aplikasi WifiNanScan adalah penerus dari Aplikasi WifiRttScan yang diluncurkan oleh Google dua tahun lalu untuk memanfaatkan Wi-Fi Round Trip Time sebagai pengganti GPS untuk pemosisian dalam ruangan. Ini dirancang sebagai alat penelitian, demonstrasi, dan pengujian untuk pengembang, vendor, universitas, dan banyak lagi. Dengan aplikasi ini, dimungkinkan untuk mendapatkan pengukuran jarak dengan presisi sekitar 1 meter dengan ponsel yang terpisah hingga 15 meter.

Pengembang dan peneliti dapat menggunakan alat ini untuk memvalidasi pengukuran jarak atau jangkauan yang memungkinkan pengembangan rentang peer-to-peer dan transfer data, menemukan ponsel dan aplikasi yang sadar konteks berdasarkan WiFi Aware / NAN API. 

Beberapa hal yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan WifiNanScan antara lain, mengirim dokumen dengan aman ke printer tanpa masuk ke jaringan terlebih dahulu.
Reactions

Post a Comment

0 Comments